Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
content bg

Unified Modeling Language (UML)


UML
Unified Modeling Language (UML) adalah sebuah bahasa yang berdasarkan grafik atau gambar untuk menvisualisasikan, menspesifikasikan, membangun dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan perangkat lunak berbasis OO (Object Oriented) untuk membantu para pengembang sistem dan software agar bisa menyelesaikan tugas-tugas seperti: Spesifikasi, Visualisasi, Desain Arsitektur, Konstruksi, Simulasi dan testing serta Dokumentasi maupun menjelaskan sistem dan software ke pengguna agar pengguna atau pemakai  sistem dan software bisa tau dan mengerti dengan sistem dan software yang kita buat.

Diagram dalam UML;

*USE CASE
             Use case adalah gambaran fungsionalitas/kegunaan dari suatu sistem, sehingga customer atau pengguna sistem paham dan mengerti mengenai kegunaan sistem yang akan dibangun/yang kita buat.
            Secara gambar, sebuah use case digambarkan dengan sebuah ellips dengan garis penuh, biasanya termasuk hanya namanya, seperti gambar berikut :  
                                                                
            Suatu Use Case adalah suatu sekuensial aksi yang dilakukan oleh sistem, yang akan secara bersama-sama, memproduksi hasil yang dibutuhkan oleh pengguna sistem. Use Case mendefinisikan alur proses sepanjang sistem berbasis pada kegunaan sebagaimana yang biasa dilakukan (secara manual).
Kegunaan Use Case adalah untuk menspesifikasikan konteks sistem, menggambarkan kebutuhan sistem, memvalidasikan arsitektur sistem, menjalankan implementasi dan meng-generate test case.

Contoh USE CASE Sistem PENJUALAN ONLINE;





*ACTIVITY DIAGRAM
            Activity Diagram  adalah menggambarkan alur/alir aktivitas dalam sebuah sistem  dari awal sampai akhir dari sistem itu sendiri. Dan lebih menggambarkan proses-proses dan jalur-jalur aktivitas dari level atas secara umum.
            Sebuah aktivitas dapat direalisasikan oleh satu use case atau lebih. Aktivitas menggambarkan proses yang berjalan, sementara use case menggambarkan bagaimana aktor menggunakan sistem untuk melakukan aktivitas.

Simbol-simbol yg digunakan pada activity diagaram;



Contoh Activity Diagram SI perpustakaan;

Activity diagram login:

Activity diagram pendaftaran:

Activity diagram denda:







*SEQUNCE DIAGRAM
SEQUNCE DIAGRAM  menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dan sebagainya) berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri atar dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait).
Sequence diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respons dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. Diawali dari apa yang men-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan.
Contoh Sequence Diagram:


Diagram Pendaftaran


Pada diagram pendaftaran petugas dan daftar anggota sebagai objek, petugas memasukan data siswa pada taftar anggota, setelah itu disimpan data tersebut kedalam database daftar anggota kemudian sistem memberikan pesan kepada petugas bahwa pesan tersebut sudah berhasil disimpan.


Diagram Peminjaman



Untuk diagram peminjaman Petugas dan pinjam sebagai objek, ketika anggota mengembalikan buku maka petugas memasukan id buku dan id siswa pada pinjaman kemudian diproses querynya, setelah berhasil diproses maka maka sistem akan menampilkan data buku yang akan dipinjam oleh siswa tersebut, setelah itu petugas menyimpan data pinjaman pada database pinjaman,kemudian sistem akan memberi pesan kepada petugas bahwa data tersebut sudah berhasil disimpan.


Diagram Pengembalian


Untuk diagram pengembalian petugas dan form buku sebagai objek, jika siswa mau mengembalikan buku maka petugad harus memasukan data buku yaitu id buku,setelah itu system akan memproses query dan menampilkan data siswa kepada petugas, kemudian petugas menginput tanggal dimana tanggal tersebut ketika siswa meminjam buku, dan system akan mengecek apakah siswa tersebut terlambat atau tidak-nya untuk mengembalikan buku, jika terlambat maka system akan menampilkan denda tersebut kepada petugas, pastinya siswa akan membayar denda tersebut dan petugas menyimpan pengembalian buku yang di pinjam siswa pada database bahwa siswa tersebut sudah mengembalikan buku, maka system akan menyampaikan pesan kepada petugas bahwa menyimpan pengembalian buku sudah berhasil





*ROBUSTNESS DIAGRAM

Robustness berguna untuk memperkecil celah antara analisa (what) dan desain (how).
Langkah-langkahnya :
- Menelusuri kalimat demi kalimat, teks pada dokumen use case.
- Menambahkan aktor yang terlibat pada use case sebagai titik awal.
- Menambahkan antar muka pengguna seperti halaman web,tampilan layar,menu,kotak dialog dan sebagainya sebagai boundary object.
- Menambahkan controller bagi setiap aturan-aturan bisnis dan aktivitas-aktivitas yang ada.
- Menambahkan entity object bagi setiap objek konseptual dalam model ranah.
- Membuat garis penghubung yang merepresentasikan komunikasi yang terjadi antar objek-objek tersebut.

Dan berikut aturan-aturannya :
- Nouns can talk to verbs (and vice versa).
- Nouns can’t talk to other nouns.
- Verbs can talk to other verbs.

Contoh  ROBUSTNESS Diagram;




.

abas